Strategi Pemberian Diskon Untuk Menjual Produk

Asumsi teori ekonomi klasik menyatakan bahwa setiap perusahaan selalu memilih harga yang dapat menghasilkan laba paling tinggi dikenal dengan istilah maksimalisasi laba. Penentuan harga biasanya dapat dilakukan dengan harga murah atau mahal. Semakin besar daya beli konsumen semakin besar pula keinginan bagi penjual untuk menetapkan harga yang lebih tinggi. Dengan memberikan perhatian lebih seperti ini, pelanggan akan merasa bahwa pemilik bisnis sangat menghargai setiap konsumennya. Alhasil, konsumen tersebut tidak akan ragu untuk kembali membeli produk di tempat tersebut.

Ini mungkin bukan strategi sosial media marketing yang bisa dilakukan secara gratis, tapi itu cara yang efisien untuk mempromosikan bisnis Anda yang bisa dikatakan dari mulut ke mulut. jangan lupa gunakan Jurnal dan rasakan manfaat program akuntansi dalam mengejar keuntungan usaha Anda, nikmati free trial selama 14 hari sekarang!. Contohnya “Bagi pengunjung yang bernama Agus, Adi, Dwi, Eko, Putri, Ayu, Eka hari ini mendapatkan diskon 1 paket makan dan minum”. Dengan menggunakan strategi ini akan lebih menarik calon konsumen, terutama bagi mereka yang namanya termasuk di dalam promo diskon. Strategi yang pertama yaitu memberikan diskon pada waktu-waktu tertentu.

Berbeda dengan kode promo/voucher, present voucher bertujuan untuk mendorong terjadinya repeat order oleh konsumen. Gift voucher bisa diberikan setelah konsumen membeli produk yang dijual atau sebagai hadiah kontes. Berikan syarat dan ketentuan serta masa berlaku voucher untuk menghindari perilaku licik konsumen. Bagi pelaku promosi online bisa menerapkan sistem kode promo/voucher berupa potongan harga untuk semakin memikat konsumen. Berlakukan syarat seperti share promo atau posting ulang promo di akun sosial pribadi konsumen untuk mengaktifkan promo tersebut.

Oleh karena itu, cara menawarkan membership juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara efisiensi biaya cetak on-line rutin untuk menyebarkan informasi promo terbaru. Khususnya untuk pelanggan setia, cara ini akan menjadi lebih efektif. Memasarkan produk tidak cukup melalui media sosial seperti Instagram, Facebook ataupun market saja lho. kamu juga harus memiliki web site toko online sendiri untuk dapat meningkatkan bisnis kamu jauh lebih di kenal banyak orang. Sistem diskon sering digunakan oleh penjual dalam meningkatkan penjualannya karena dengan adanya diskon atau potongan harga sangat menarik minat pembeli untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan.

Jika perusahaan Anda meluncurkan produk e-wallet baru, pertimbangkan untuk bekerja sama dengan merchant–merchant dengan keuntungan khusus bagi pengguna dan mitra Anda. Ini tidak hanya bermanfaat untuk memperkenalkan produk Anda, tapi juga membantu mitra Anda meningkatkan penjualan. Anda harus pintar memilih sistem pemasaran yang sesuai dengan minat para calon pembeli untuk meningkatkan penjualan. Hal inilah yang akan membuat pelanggan nyaman dan suka berbelanja di toko yang Anda kelola. Voucher ikuti toko akan otomatis berlaku bagi semua produk yang Anda jual dan masa berlaku voucher tidak bisa diubah.

penerapan strategi diskon harga harus melalui analisis pemasaran mas, untuk itu ada beberapa hal yang harus dilakukan terlebih dahulu. Promosi yang efektif dan tepat sasaran akan menghasilkan keuntungan yang berlipat – lipat. Selain murah, sosial media juga merupakan promosi yang efektif dan tepat sasaran untuk saat ini. Sebagai contoh jika anda berbisnis hijab, jika menjual tanpa model maka tentu akan langsung bersaing harga. Tapi jika anda menggunakan brand, maka persaingan dapat dialihkan ke kualiitas produk atau kualitas pelayanan. Memberi Informasi Merupakan fungsi komunikasi P-O-P yang paling mendasar.

Menurut Jeffrey Gitomer, upselling itu berarti membantu pelanggan untuk mendapatkan untung besar. Kedua cara ini merupakan gross sales promotion yang gak cuma menguntungkan pebisnis, tapi juga bisa membangun hubungan baik dengan pelanggan. Bahkan saking ampuhnya, gak sedikit membuat stok produk menjadi ludes habis.

Bagaimana cara memberikan diskon kepada pelanggan

Bisa dikatakan hampir semua kalangan konsumen haus akan diskon. Hal inilah yang mendorong para pelaku usaha untuk berlomba-lomba memberikan diskon kepada para konsumen untuk meningkatkan omzet penjualan setiap bulannya. Jika Anda pernah mendaftar GoJek aplikasi market on-line lain pasti mengenal istilah ini.

Jika Anda mempunyai strategi yang pas, diskon bukan menjadi hal yang merugikan bagi pemilik bisnis, tetapi justru malah akan menguntungkan. Tujuan dari diskon sebenarnya bukan untuk menghabiskan stok barang, tetapi mengajak para pelanggan untuk datang dan tertarik dengan produk lain yang ada pada bisnis Anda. Jadi dari pembahasan di atas tentu Anda setuju bukan kalau promosi dan pemberian diskon dapat berdampak baik untuk bisnis Anda. Tidak hanya untuk meningkatkan keuntungan saja, namun juga dapat menarik pelanggan baru dan menumbuhkan interaksi bagi antara bisnis dengan pelanggan/customer loyal Anda.

Strategi diskon ketika Anda akan mengosongkan stok akan sangat membantu, apalagi jika Anda sudah berencana untuk meningkatkan performa dari produk yang dijual. Selain itu diskon juga akan mengubah persepsi pelanggan pada produk yang ditawarkan menjadi lebih positif. Hal ini juga akan membuat produk Anda menjadi magnet baru bagi pelanggan yang sudah loyal pada competitor. Ketika menawarkan diskon, pelanggan akan memiliki risiko yang lebih rendah. Sehingga hal ini akan menjadi waktu yang tepat untuk mereka mencoba kualitas dari produk yang Anda tawarkan. Promosi juga bisa membantu kamu untuk menghabiskan stok produk yang sudah lama.

Expya